Membuat Tulisan Anak Menjadi Lebih Baik

Vera Farah Bararah - detikHealth


img
(Foto: dailymail)
Jakarta, Setiap anak pasti menginginkan tulisan tangan yang baik dan benar, sehingga mudah untuk dibaca dan dimengerti oleh gurunya disekolah. Tapi tidak semua anak memiliki tulisan tangan yang bagus.

Sebagai orang tua bisa memberikan anak latihan menulis. karena semakin sering anak berlatih maka tulisannya akan semakin bagus. Selain itu ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan oleh anak agar memiliki tulisan tangan yang bagus dan rapi, seperti dikutip dari Kidshealth, Rabu (11/8/2009), yaitu:

Genggam alat tulis dengan benar
Peganglah pensil atau pulpen pada bagian ujung yang dekat dengan runcingan dan cobalah untuk menulis nama sendiri. Ketika tangan memegang pensil dengan cara yang benar, maka menulis akan lebih mudah. Cara terbaik untuk memegang pensil atau pulpen adalah antara ibu jari dan jari telunjuk, tapi jari tengah juga turut memegang pensil.

Biarkan garis pada kertas menjadi petunjuk
Jadikan garis pada kertas atau buku adalah teman. Garis tersebut bisa membantu menulis dengan ukuran dan porsi yang benar. Porsi disini berarti bahwa satu huruf ukurannya benar jika dibandingkan dengan huruf lainnya, misal huruf 'a' tingginya harus setengah dari huruf 'A'.

Pastikan ruang dalam gais terisi dengan benar, untuk huruf besar harus terisi dari atas hingga bawah, Garis tersebut juga bisa menjaga tulisan anak tetap lurus dari ujung hingga ujung. Jika kertasnya tidak ada garis, ambilah penggaris dan buat garis sendiri.

Menulislah dengan perlahan-lahan
Untuk beberapa anak, menulis secara perlahan-lahan bisa menyelesaikan masalah tulisan tangan yang kurang bagus. Jika menulis dengan terburu-buru, maka akan sulit untuk mengontrol gerakan tangan dan kemungkinan akan melakukan banyak kesalahan.

Jangan memberikan tekanan yang besar
Beberapa anak memberikan tekanan yang terlalu besar ketika menulis, ini akan susah untuk membuat tulisan yang halus terutama tulisan miring.

Bermain game
Ada beberapa permainan yang bisa meningkatkan tulisan tangan, seperti permainan yang membutuhkan menulis atau menggambar sesuatu. Dengan begitu anak semakin terlatih, tapi jangan sampai melupakan tugas sekolahnya.

Comments

Popular posts from this blog

Hitung-hitungan Kalori

Menjelajah Dunia dengan Google

Kesempatan kuliah online di Al Madinah International University