Posts

Showing posts from December, 2003

Bahagialah Sekarang

Bener juga kata2 dibawah ini...:) Kata kuncinya: Qona'ah
Bercita-cita/berangan-angan itu fitrah...krn kita manusia...tp jgnlah membuat kita tak menikmati kebahagiaan sedikitpun.

Kiriman: "Winda"(Thanks 2U) dari milis Soulful
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Apapun keadaan kita maka kita harus merasa KAYA dan CUKUP. Pernyataan ini baik sekali untuk ditempatkan pada konteks "bahagia menikmati hidup". Dan tentu tidak harus kaya material dulu. Nah sekarang pertanyaannya bagaimana kita bisa "bahagia menikmati hidup" dan sekaligus "kaya material" ?.
Untuk masalah "bahagia menikmati hidup", temen saya pernah ngasih tahu caranya dengan menghindari lima hal yang sering menyebabkan kita tak bahagia menikmati hidup :
Pertama,
Adanya keyakinan bahwa Anda tidak akan bahagia tanpa memiliki hal-hal yang Anda pandang bernilai. Anda sudah memiliki pekerjaan tetap dan tingkat kehidupan yang lumayan, tapi Anda masih merasa kurang. Anda merasa aka…

Kedewasaan Made In India

Komentar : Kalau China terlalu jauh, India pun cukup : "Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri 'India' " ;P

Publikasi: 09/12/2003 10:52 WIB
eramuslim - Usai sholat Dzuhur kami langsung menuju kediaman Bapak Konsul Jenderal RI, memenuhi undangan makan siang bersama, masih dalam suasana Lebaran. Tanpa diliputi rasa ‘sungkan’ ikut bersama saya dua orang rekan asal India, Mohammad Thufail dan Abdul Karim, yang sengaja saya ajak untuk mengenal sebagian rasa ‘Inilah Indonesia ku’! Bersalam-salaman, kemudian....makan! Itulah acara intinya.

Kebetulan di ruang makan hanya ada kami bertiga, karena yang lainnya sudah selesai makan dan berada di ruangan depan. Kami, cowok semua, memasuki ruangan, sementara di ruang sebelah, disaat saya menjelaskan sebagian bahan dasar makanan yang tersaji kepada dua orang ini, terdengar berulang kali “Ha...ha.....ha....hi..hiii...hiii.!”, suara ibu-ibu, mbak-mbak, tertawa. Entah apa obyek pembicaraannya. Saya sendiri, karena terbiasa, tidak ‘risi…

Jiwa Mandiri Kunci Harga Diri

Yok...Mengingat kembali salah satu tausiyah dari Aa Gym..

Laporan: KH. Abdullah Gymnastiar

Kehormatan dan kemuliaan yang sebenarnya adalah ketika hati kita bebas dari bergantung kepada selain Allah SWT. Perjuangan kita untuk menjaga harga diri dari meminta-minta kepada selain Allah adalah bukti kemuliaan kita. Jiwa mandiri adalah kunci harga diri.

Segera setelah berhijrah ke Madinah, Rasulullah SAW mempersaudarakan orang-orang Anshar dan Muhajirin. Ada satu kisah menarik yang terjadi ketika Rasulullah SAW mempersaudarakan Abdurrahman bin Auf dengan Sa'ad bin Rabi--orang paling kaya dari golongan Anshar.

Ketika itu Sa'ad berkata kepada Abdurrahman: "Saudaraku, aku adalah penduduk Madinah yang kaya raya, silakan pilih separuh hartaku dan ambillah! Dan aku mempunyai dua orang isteri, coba perhatikan mana yang lebih menarik perhatian anda, akan kuceraikan ia hingga anda dapat memperistrinya.

Jawab Abdurrahman bin 'Auf: "Semoga Allah memberkati anda, juga isteri dan…
Akhirnya beres juga kerjaan ngotak-ngatik homepage ini. Walaupun memang masih banyak kekurangan, tapi paling enggak ada sedikit kepuasan lah dikit... Alhamdulillah, nggak acak-acakan lagi kayak dulu. :)

Whuaahhh..udah lewat jam 12 malem nih...saatnya buat istirahat, melepas kelelahan stl seharian di depan komp. Besok masih banyak yang harus dilakukan. Maklumlah, besok toko2 cuma buka setengah hari aja. Terus besoknya nggak ada yang buka, karena semua merayakan natal. Klo enggak belanja, ntar nggak bisa makan lagi.... :-( bisa kelaparan deh...

oke, segitu aja ... mau istirahat dulu ah...
ZzZzZzZz.....

Perawakan dan sifat-sifat Rasulullah SAW

Dikutip dari www.media.isnet.org/

Karakter fisik beliau :
Paras mukanya manis dan indah, Perawakannya sedang, tidak terlampau tinggi, juga tidak pendek, dengan bentuk kepala yang besar, berambut hitam sekali antara keriting dan lurus. Dahinya lebar dan rata di atas sepasang alis yang lengkung lebat dan bertaut, sepasang matanya lebar dan hitam, di tepi-tepi putih matanya agak ke merah-merahan, tampak lebih menarik dan kuat: pandangan matanya tajam, dengan bulu-mata yang hitam-pekat. Hidungnya halus dan merata dengan barisan gigi yang bercelah-celah. Cambangnya lebar sekali, berleher panjang dan indah. Dadanya lebar dengan kedua bahu yang bidang. Warna kulitnya terang dan jernih dengan kedua telapak tangan dan kakinya yang tebal.

Bila berjalan badannya agak condong kedepan, melangkah cepat-cepat dan pasti. Air mukanya membayangkan renungan dan penuh pikiran, pandangan matanya menunjukkan kewibawaan, membuat orang patuh kepadany…

Niat dan Keutamaan Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu, baik yang hukumnya fardhu a'in maupun yang fardhu kifayah memilik keutamaan yang sama, di antaranya adalah disamakan dengan berjihad di jalan Allah dengan catatan harus diniatkan untuk mencari ridha Allah, memajukan Islam dan kaum muslimin, memenuhi kebutuhan orang banyak dan bukan semata-mata untuk kepentingan pribadi dan keluarga saja.

Dalam hal ini Mu'adz bin Jabal berkata, “Pelajarilah ilmu, karena mempelajarinya karena Allah adalah tanda takut kepada Allah, mencarinya ibadah, mengingat-ingatnya tasbih, pembahasannya jihad, mengajarkannya bagi yang belum tahu
shadaqah, menyumbangkannya bagi yang berhak adalah taqarrub kepada Allah. “


#Created in Braunschweig 2003#

Permudahlah dan Jangan Mempersulit

Oleh: Dr. Yusuf Qardhawi

http://media.isnet.org/islam/Bangkit/Qardhawi3.html

Penulis berpesan kepada para pemuda agar meninggalkan sikap memberat-beratkan diri dan berlebih-lebihan dalam beragama. Usahakanlah tetap berada pada posisi tengah dan membuat kemudahan-kemudahan, khususnya terhadap masyarakat umum yang hanya mampu menjalankan agama sebatas kemampuan orang-orang awam karena mereka berbeda dengan kalangan khusus (ahli wara' dan takwa). Memang dianjurkan agar seseorang mengambil suatu atau sejumlah masalah dengan ekstra hati-hati dan paling aman. Akan tetapi, terus menerus bersikap ketat dan meninggalkan kemudahan-kemudahan akan membuat agama ini terkesan sebagai "kumpulan hal-hal sulit yang menuntut kehati-hatian," dan yang menonjol adalah aspek-aspek yang berat dan sulit. Padahal Allah menghendaki kemudahan dan keluasan terhadap hamba-hamba-Nya.

Orang yang mau merenungkan ayat-ayat Al-Qur'an dan As-Sunnah serta petunjuk para sahabat niscaya akan menemui bahw…