DIET = MAKAN LEBIH SEDIKIT?

DIET = MAKAN LEBIH SEDIKIT?

Banyak orang yang merasa diet itu berat karena tidak bisa makan sebanyak biasa alias "semi" puasa. Sebenarnya inti diet tidak terletak pada pengurangan drastis dari jumlah asupan anda tapi lebih pada pengaturan jenis asupan.
Kebanyakan orang berdiet dengan mengurangi makan dari 3x manjadi 2x atau bahkan 1x sehari. Namun diet yang efektif sebenarnya adalah mengubah dari makan 3x sehari menjadi 5-6x sehari untuk mengaktifkan metabolisme anda, yang berakibat pada kebiasaan tubuh untuk membakar lebih cepat dan banyak.
Caranya tidak sulit: ubah kebiasaan makan anda menjadi 5-6x dengan menambah camilan yang sehat (roti gandum, buah2an dengan karbohidrat kompleks, dll) di sela2 antara makan pagi-siang dan antara makan siang-malam. Tentu saja anda juga harus menyesuaikan jumlah asupan yang anda makan. Kurangi karbohidrat yang mudah menjadi lemak (nasi putih, roti tawar, mie instant) diganti dengan nasi merah/coklat, sayur2an. Intinya makan lebih sedikit dan lebih sering. Hal ini akan mengaktifkan metabolisme tubuh anda menjadi lebih baik. Sehingga dengan pembakaran aktif, tubuh juga akan lebih mudah membakar lemak.
Contoh asupan:

Makan Pagi 07.00
Oatmeal
Omelete
Susu Non-Fat

Snack Pagi 10.00
Apel/Pir/Jeruk

Makan Siang 13.00
Nasi merah
Ikan/Ayam bakar/panggang/rebus
Sayuran

Snack Sore 16.00
Roti gandum
Ikan/Ayam

Makan Malam 19.00
Nasi merah (1/2)
Ikan/Ayam bakar/panggang/rebus
Sayuran

Snack Malam 21.00
Susu Non-fat atau Whey Protein

Jumlah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda. Juga saat diet, penggunaan minyak goreng, garam, dan bumbu harus diperhatikan atau bahkan tidak digunakan. Minyak goreng bisa digantikan dengan minyak zaitun/canola. Penggunaan garam dapat dibatasi seperlunya.

Demikian. Semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Hitung-hitungan Kalori

Menjelajah Dunia dengan Google

Kesempatan kuliah online di Al Madinah International University