Menghafal Al-Qur'an, pentingkah itu?

Menghafal Al-Qur`an pentingkah itu? PDF Cetak E-mail

Sebagian para da`i mengatakan, "Sesungguhnya menghafal Al-Qur`an bukan perkara yang penting, karena yang penting adalah memahami, merenungkan dan mengamalkan yang apa menjadi tuntutan Al-Qur`an," dan dia berdalil dalam pendapatnya itu dengan perbuatan Ibnu Umar radhiyallahu `Anhu bahwasanya beliau menghafal Surat Al-Baqarah selama 9 tahun karena beliau sibuk dengan tafsirnya, makna-maknanya dan mengamalkan kandungan surat tersebut. Maka benarkah pendapat ini  dan shohihkah atsar Ibnu Umar tersebut?.
Pertama, perkataan dia, "Bukan perkara penting" adalah tidak benar Alloh Ta`ala berfirman, yang artinya: "Bahkan sesungguhnya Al-Qur`an adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu." (QS: Al-Ankabut: 49)

Maka benar, Alloh telah memuji para Ulama karena sesungguhnya mereka menghafal ayat-ayat yang nyata. Dan demikian pula para qurro` ketika mereka terbunuh, bukankah para shahabat Nabi merasa khawatir akan sirnanya Al-Qur'an sehingga mereka diperintahkan untuk mengumpulkan mushaf. Dan Umar berkata "Saya mendapatkan  pembunuhan telah menimpa para qurro`" (Hadist Anas radhiyallahu `anhu Al-Bukhari [4987] dan ucapan tersebut dari Hudzaifah Ibnul Yaman radhiyallahu`anhu).

Mereka yang dibunuh adalah 70 orang dari para qurro`. Para shabat merasa khawatir dan merasakan hilangnya ilmu. Ketika itu Umar bin Khattob radhiyallahu `anhu memerintahkan orang untuk mengumpulkan lembaran-lembaran yang ada dijadikan dalam satu mushaf setelah beliau meninggal dunia mushaf tersebut ditangan Hafsoh Radliyallahu 'anha (beliau mengisyaratkan kepada hadist Zaid bin Tsabit dalam Al-Bukahri [4986]). Kemudian setelah itu Ustman bin Affan radhiyallahu `anhu memerintahkan untuk mengumpulkan lembaran-lembaran tersebut dari Hafsoh radhiyallahu `anha  dari seluruh tempat dan  beliau memerintahkan Zaid bin Tsabit dan sebagian shahabat untuk mengumpulkan mushaf. Ini semua adalah termasuk perkara yang menunjukkan pentingya menghafal Al-Quran dan sesungguhnya ini adalah ilmu, maka hendaknya bersungguh-sungguh untuk meraihnya dan tidaklah akan meninggalkan kebaikan ini bagi mereka yang diberi taufiq Salah satu dalil yang menunjukkan pentingya hafalan adalah hadist dalam shohihain dari Abdillah bin 'Amr bin 'Ash, "Sesungguhnya Nabi shallallahu `alaihi wa aalihi wa sallam bersabda, yang artinya: "Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu ini sekaligus dengan mencabutnya dari dada-dada manusia" (HR: Al-Bukhari 100 dan Muslim 2673) Maksudnya apabila ilmu tercabut dari dada penghafal dan hilang perkara ini (hafalan) maka hilanglah ilmu.

Ar Rahabi rahimahullah berkata:

Dan ketahuilah bahwa warisan ada dua
Furudh dan ta'shib sesuai dengan bagiannya
Adapun furudh di nash kitab ada enam
Tidak ada furudh dalam warisan selainnya
Setengah dan seperempat kemudian setengahnya seperempat
Sepertiga dan seperenam dengan nash syariat
Dua pertiga dan keduanya penyempurna
Maka  hafalkanlah karena setiap penghafal adalah Imam
Maka Alloh menjaga agama ini dengan pengahafal-penghafal kitab Allah. Dan termasuk perkara pertama yang hendaknya dihafal adalah Kitab Alloh Ta`ala, Allah berfirman, yang artinya: "Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah" (QS: Shaad: 29)
"Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasanya kami telah menurunkan kepadamu Alkitab sedang dia dibacakan kepada mereka." (QS: Al-Ankabut: 51)

Kamu bisa berhujjah (argumen) dengan Al-Qur'an pada setiap apa yang kamu kehendaki dari ilmu syariat ini jika Allah memahamkanmu dalam Al-Qur'an  dan apabila Allah memahamkanmu  terhadap agama-Nya. Dan lihatlah buku-buku Syaihkhul Islam dan buku-buku murid beliau Ibnul Qayyim dan yang semisalnya dari Ahlu Sunnah bagaimana kamu lihat, mereka memperhatikan Al-Qur`an dari sisi pengambilan dalil, menghafal, membaca, memikirkan dari sisi tajwid dan lain sebagainya.

(Sumber: Al As'ilah Al Indonisiah, 26 Jumadist Tsaniyah 1424 H)

Comments

Popular posts from this blog

Jodoh dan Kedewasaan Kita

Update from empowr

Jadilah Seperti Ikan Di Air Bening Yang Tenang