Bagaimana Memulai Toko Buku Online

Rabu, 30/09/2009 09:29 WIB

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pak Dinsi yang dirahmati Allah SWT. Saya berencana untuk memulai usaha dengan membuka Toko buku online, namun saya masih bingung bagaimana cara melakukan kerjasama dengan pihak penerbit, bagaimana sistem kerjasamanya, dan hal-hal lainnya yg diperlukan oleh saya sebagai pihak yang hendak membuka toko buku online. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb
 

faisal - bandung

Jawaban

Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

Bapak Faisal yang dirahmati Allah, ada beberapa tahap yang harus Bapak lakukan untuk mewujudkan cita-cita untuk membuka toko buku online:

1.Lakukan riset dan studi perbandigan toko buku online yang ada seperti Gramedia, Buku kita, Buka Buku, Bearnes book store dll sebagai tahap awal untuk mencari model toko buku yang akan dibuat

2.Buat desain web berdasarkan hasil riset dan studi banding dari toko buku online yang sudah ada. Disini Anda harus membuat perbedaan yang mencolok dibanding dengan toko buku online yang ada. Tampilkan keunikan serta nilai tambah yang ada.Bisa desainnya, harga dan discountnya, delivery sistemnya dll.

3.Buat web Anda seolah2 sudah terisi buku2 (gunakan saja sampel buku2 dari toko buku online lainnya).. Hal ini dilakukan sebagai bentuk visual dari toko buku yang kelak akan Anda pasarkan.

4.Setelah toko buku Anda online dan secara tampilan sudah OK, langkah selanjutnya Anda bisa menghubungi penerbit satu persatu untuk bekerjasama memasarkan buku mereka di web Anda. Hal ini tidak akan mudah mengingat "Siapa Anda?" belum ada orang yang kenal. Justru disini seni negoisasinya. Tapi jagan khwatir kalau tampilan web Anda sudah OK biasanya penerbit tidak akan keberatan. Tinggal masalah negoisasi discount saja.

5.Setelah MoU antara anda dengan penerbit OK anda bisa memasukkan cover buku yang sebenarnya di halaman web Anda (ingat sampel2 yang awalnya cuma contoh saja harus diganti dengan buku sebenarnya yang Anda jual sehingga tidak ada pembohongan publik, artinya Anda menjual barang yang memang benar Anda miliki).

6.Selanjutnya Anda bisa mempromosikan web Anda melalui SEO atau media alinnya.

Selamat Mencoba. Semoga Bermanfaat.
Belajar Lagi Lebih banyak tentang bisnis dengan mengklik disini

Valentino Dinsi
(Spiritual Entrepreneur beralamat di www.valentinodinsi.com dan www.bisnis2121.com


Comments

Popular posts from this blog

Hitung-hitungan Kalori

Kesempatan kuliah online di Al Madinah International University

Database Kitab Hadist Bukhari Online : http://ummulhadits.org/