Internet Aman Bagi Anak

Semakin tua dunia ini semakin banyak tantangan yang harus kita hadapi. Salah satunya adalah kecanggihan teknologi informasi. Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi informasi sangat membantu kita dalam berbagai hal, contohnya dalam komunikasi dan mengirim atau mendapatkan informasi secara cepat.
Salah satu teknologi informasi yang sedang tren saat ini adalah internet. Reliabilitasnya dalam mengirimkan atau memberikan informasi secara cepat, mudah dan murah menjadi salah satu fasilitas utama yang menarik bagi masyarakat.
Bukan itu saja, banyak juga yang menggunakan internet hanya untuk mencari hiburan semata. Contohnya untuk men-download berbagai macam permainan, lagu, gambar bahkan jadwal pertandingan olahraga. Selain itu juga, internet menawarkan fasilitas game online sehingga kita dapat bermain dalam games yang sama sekalipun dengan orang-orang yang berada di tempat yang sangat jauh.
Internet juga sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Para guru dan siswa dapat dengan mudah mengumpulkan atau mengakses berbagai sumber untuk melengkapi atau menambah ilmu pengetahuan mereka.
Di sekolah kami, Jakarta Islamic School, internet menjadi kebutuhan sehari-hari dalam pembelajaran. Para guru sering sekali meminta para siswa untuk mengirimkan tugas-tugas mereka lewat internet. Selain itu kami juga melatih anak-anak untuk menggunakan kata kunci yang tepat untuk mencari berbagai informasi di fasilitas search engine di internet. Hal ini sebenarnya salah satu cara untuk mencegah para siswa mengakses sumber yang salah. Dengan teknologi ini kami juga bisa mengetahui sedikit banyak perkembangan pergaulan para siswa karena kami memiliki sebuah komunitas yang menghubungkan banyak orang di dunia maya. Dimana, para guru, siswa bahkan orangtua bisa terlibat dalam komunitas ini. Fasilitas ini bisa ditemui di website-website seperti multiply, friendster, facebook dan lain-lain. Di sini kami bisa berkomunikasi dan bertukar pikiran secara mudah, cepat dan murah.
Karena luasnya akses yang bisa dilakukan di internet atau dunia maya ini, maka sebaiknya para orang tua ataupun pelaku pendidikan harus tetap waspada dan hati-hati dalam menggunakannya. Tidak dapat kita pungkiri bahwa selain informasi yang bermanfaat, anak-anak kita juga dapat mengakses informasi sampah yang dekat dengan pornografi, penipuan, dan lain-lain melalui media Internet.
Namun mencegah anak-anak kita untuk tidak menggunakan teknologi ini adalah sesuatu yang mustahil karena ia telah menjadi salah satu kebutuhan informasi dalam dunia pendidikan pada saat ini. Di bawah ini kami berikan beberapa tips agar internet aman bagi anak.
Pertama, apabila ada memiliki fasilitas internet dirumah, biarkan komputer anda berada di ruang keluarga. Dengan begitu baik anda ataupun anggota keluarga lainnya bisa melihat aktivitas penggunakan internet yang dilakukan oleh anak anda.
Kedua, apabila anak anda harus ke warnet untuk mengakses internet, pastikan informasi apa yang akan anak anda cari, minta bukti-bukti penugasan seperti surat dari guru bersangkutan, buku pelajaran yang berkaitan dan hasil surfing yang telah dilakukan. Agak merepotkan memang, tapi beginilah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengawasi anak tanpa menghalangi mereka untuk belajar.
Ketiga, luangkan sedikit waktu anda untuk mengakses internet bersama anak. Biasanya anak mengenal teknologi baru lebih banyak dari kita. Sehingga kita bisa belajar dari mereka dan tahu sejauh mana kemampuan mereka dalam menggunakan internet. Melalui cara ini kita juga bisa sambil memberi pengarahan kepada anak untuk tidak menyalahgunakan penggunaan internet baik dengan kehadiran orang tua maupun tidak. Pendidikan akidah dalam hal ini juga sangat penting karena denganya kita dapat mengajarkan penggunaan internet yang bertanggung jawab. Bukan hanya kepada kita sebagai orang tua tapi juga kepada diri sendiri dan Allah S.W.T.
Keempat, bila anak anda lebih sering mengakses internet melalui telepon genggam, cobalah untuk memeriksa history web yang anak anda kunjungi secara teratur. Tentunya tampa sepengetahuan anak anda. Apabila anda mendapati website yang ‘aneh’, jangan langsung panik dan memarahi anak tapi selidiki dulu sejauh mana dia tahu tentang website tersebut dan beri nasihat dan dukungan moril untuk mencegah anak anda mengunjungi website yang sama.
Keempat tips diatas mudah-mudahan dapat membantu anda mengawasi anak dalam menggunakan internet. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Hitung-hitungan Kalori

Menjelajah Dunia dengan Google

Kesempatan kuliah online di Al Madinah International University