Mengoptimalkan otak kanan dan kiri

.Huffh..

ternyata Otak kita ada banyak jenis, sebagian bisa dikatakan dengan otak kana dan kiri, dalam hasil pengembaraanku, otak kanan manusia lebih dominan ketimbang yang kiri yang jarang di pake .

Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya.

Otak kiri berfungsi dalam hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.

Walaupun keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, tetapi setiap individu mempunyai kecenderungan untuk mengunakan salah satu belahan yang dominan dalam menyelesaikan masalah hidup dan pekerjaan. Setiap belahan otak saling mendominasi dalam aktivitas namun keduanya terlibat dalam hampir semua proses pemikiran., ikutilaH test berikut!

test otak

Jika Anda melihat gambar gadis ini berputar searah jarum jam maka Anda sedang menggunakan Otak Kanan Anda. Jika Anda lihat sebaliknya Anda sedang menggunakan Otak Kiri Anda. Sebagian orang dapat melihat kedua-duanya (kedua bagian Otak seimbang). Tetapi kebanyakan memang hanya bisa melihat satu arah saja.

Coba lihat apakah Anda dapat membuat gadis ini berputar ke satu arah dan arah sebaliknya dengan kemampuan menggeser bagian Otak mana yang bekerja. KEDUA ARAH DAPAT DILIHAT. Ini bukan tipuan hanya saja bagian Otak Anda sebelah mana yang sedang bekerja.

Eksperimen memperlihatkan bahwa Otak bertanggung jawab terhadap cara melihat dan cara berpikir seseorang tentang suatu hal atau masalah.

Berikut adalah fungsi Otak bagian Kiri
- Logis
- Urutan
- Rasio
- Analisa
- Objektif
- Melihat pada bagian / detil

Berikut adalah fungsi Otak bagian Kanan
- Acak
- Intuisi
- Holistik atau keseluruhan
- Berkesimpulan
- Subjektif
- Melihat pada keseluruhan

Pada umumnya belajar di sekolah cenderung mengasah kinerja Otak Kiri dan mengesampingkan kinerja Otak Kanan. Ini karena perlunya berpikir secara logis, menganalisa dan keakuratan atau detil suatu masalah. Sedangkan Otak Kanan lebih ke arah estetika, perasaan dan kreatifitas yang jarang atau sedikit terasah di sekolah.

Tip: Jika Anda santai sejenak melihat ke tembok, lantai atau berkedip, gadis diatas dapat berputar ke arah sebaliknya.

Comments

anonymous said…
Mantap, ulasan yg cerdas
ummrus said…
ulasan yang cerdas tapi sayang masih banyak kekurangannya diantaranya; otak kanan berfungsi untuk naluri bisnis ,strayegi dan kepemimpinan.orang yg suka ilmu matematika,fisika dan lain ilmu eksakta berarti dia lebih berkembang otak kanannya. sedang menoptimalkan otak seperti neraca, naik kiri maka turun kanan dan sebaliknya.makanya pengusaha dan pemimpin lebih berhasil pada orang yg lebih pintar dalam ilmu eksakta.nah cara lebih jitu untuk mengatasi :
1.supaya otak kanan lebih optimal
2.agar kita dan anggota keluarga tidak pembangkang(slalu kontradiksi dan melawan)
caranya ada satu dan itu merupakan sunnah nabi muhammad yang kebanyakan orang tidak mengikutinya.sudah banyak orang disurvey dan terbukti kecendrungannya 88% sesuai.lebih jelasnya hubungi ummrus@yahoo.com
amru.blogspot.com said…
Thanks atas masukannya.
amir said…
Koreksi pada paragraf 5 :
"Jika Anda melihat gambar gadis ini berputar searah jarum jam maka Anda sedang menggunakan Otak Kanan Anda."

Seharusnya :
"Jika Anda melihat gambar gadis ini berputar searah jarum jam maka Anda sedang menggunakan Otak Kiri Anda."

Popular posts from this blog

Jodoh dan Kedewasaan Kita

Update from empowr

Jadilah Seperti Ikan Di Air Bening Yang Tenang