Mengatasi Kantuk

Mengantuk adalah salah satu anugerah dan nikmat dari Allah Ta`ala. Tapi kalau sudah ada akhiran -an (alias ngantukan), maka itu patut kita waspadai dan atasi.

Beberapa hal yang berhubungan secara langsung atau pun tidak langsung dengan mengantuk antara lain :

1. Pola tidur
Kenalilah pola tidur Anda atau buah hati Anda (karena dia membutuhkan Anda selaku orang tua untuk membantunya). Jam tidur yang kurang/berlebih justru akan menimbulkan katuk, disamping efek lainnya (kesehtan dsb)
Islam sendiri dengan "sangat indah" mengatur perihal tidur ini. Antara lain adab dan kapan waktu2 istirahat/tidur, waktu2 istimewa yang menganjurkan umat Islam untuk bangun.
Allah Ta`ala Maha Mengetahui segala apa kebutuhan hamba-Nya, termasuk tidur ini. Jika sudah terbiasa akan terasa mudah,ringan dan mempunyai manfaat yang banyak.

2. Pola asupan tubuh.
Antara lain meliputi makan (termasuk cemilan) dan minum. Makanan yang "berat" atau porsi yang banyak akan memaksimalkan kerja pencernaan. Energi akan banyak digunakan untuk kerja ini sehingga Anda pun lebih mudah mengantuk.
Hendaknya kita juga mengetahui pentingnya pola makan, waktu makan yang baik (sarapan dst)
Kurang cairan/dehidrasi juga akan menyebabkan tubuh loyo, cepat lelah dan akhirnya mengatuk.

3. Penyakit atau gangguan kesehatan
Beberapa gangguan kesehatan atau penyakit, ditandai oleh keadaan mengantuk secara berlebihan yang disertai keadaan gangguan lain misalnya, selalu pusing, loyo dst. Cermati kondisi ngantuk Anda. Jika perlu berkonsultasilah dengan dokter.

4. Keadaan psikologis
Misalnya Anda sedang stress atau mengalami kejenuhan/kebosanan. Hal ini akan memaksa otak untuk bekerja dalam keadaan tidak relax/tegang yang akan berakibat Anda pun lebih cepat mengantuk

5. Gaya Hidup
Jauh atau tidak pernah olah raga atau berkegiatan yang dapat mengundang rasa kantuk misalnya malas-malasan, suka merokok atau "nge-drugs".


Adapun tips anti mengantuknya antara lain
1. Wudlu (sukur2..sholat sunnahnya skalian^-^) , minimal cuci muka sambil sedikit dipijat.
Bisa diikuti pula dengan dzikir/wirid. Apalagi jika penyebab kantuk anda jelas2 dari campur tangan syetan dkk yang biasa menyerang saat ta`lim/ngaji.

2. Mengatur pola asupan tubuh (makan, minum, cemilan) dengan baik dan benar.Jangan lupa sarapan dan menghindari cemilan yang kurang sehat.

3. Tidur cukup.
Jangan lupa ini sangatlah tergantung individu. Aturlah sedemikian rupa sehingga istirahat anda menjadi berkualitas dan waktu terjaga anda menjadi efektif, efisien dan lebih berguna secara optimal..

3.Jangan melakukan hal yang bersifat statis dalam tempo lama. Selingi dengan gerakan2 walau cuma sedikit/ringan., misal mengambil air minum, meluruskan kaki dst

4. Mandi.
Solusi ini juga masih tergantung masing-masing individu. Sebgian orang merasa setelah mandi kantuk akan hilang , tapi sebagian malah justru menyamankan badan untuk tidur
Mandi juga akan menjadi sulit dilakukan jika kantuk menyerang saat kerja dikantor atau pada jam2 yang tidak selazimnya kita mandi.

5. Minum hangat/yang menyegarkan.
misal air jahe, susu hangat dsb.

6.Mempunyai gaya hidup sehat .
misalnya olahraga teratur, menghentikan rokok, alkohol dst.

7. Menyelesaikan masalah yang menyebabkan stress dengan baik.

8. Menyegarkan suasana ruangan/kamar/rumah.
Mendesain sedemikian rupa sehingga pandangan/suasana ruang tidak monoton. Hilangkan segala yg bisa merusak pandangan dan mood Anda.

9. Mempunyai kegiatan "selingan"
Kenali diri Anda akan kegiatan kecil dan tidak memakan waktu lama yang bisa menjadikan selingan sebagai penggugah mata kantuk. ,misalnya ngisi TTS dsb

10.Bervariasi cara/sarana belajar.
Hal ini jika kantuk menyerang saat belajar. Jika biasanya Anda melulu belajar dengan cara membaca, Anda bisa membuat variasi belajar, misal diskusi dengan teman, mendengarkan melalui CD dst.

11. Refreshing
Bisa jalan2 keluar sebentar, menghirup udara segar melalui jendela, atau memberikan waktu khusus untuk refreshing.

12. Tidak tidur setelah sholat/waktu shubuh.
Waktu Subuh hingga matahari terbit adalah waktu yang penuh barokah yang seharusnya kita manfaatkan dengan optimal. Rasulullah memberikan contoh dengan tidak pernah tidur lagi usai mendirikan sholat Subuh di masjid. Berdzikir, tilawah dan tadabbur Al-Quran. Waktu Subuh hingga matahari terbit adalah waktu yang penuh barokah yang seharusnya kita manfaatkan dengan optimal. Rasulullah memberikan contoh dengan tidak pernah tidur lagi usai mendirikan sholat Subuh di masjid. Berdzikir, tilawah dan tadabbur Al-Qur`an.



13. Berkonsultasi ke dokter jika kantuk Anda merupakan salahsatu dari sekian banyak gejala gangguan kesehatan yang Anda alami.

Satu hal..jika memang kantuk Anda penyebabnya sangatlah fisiologis, maka tidak ada jalan lain kecuali tidur
Jangan lupa jadi kan segala aktivitas Anda (termasuk tidur) menjadi sarana ibadah kepada Allah Ta`ala. Tidak hanya sekedar pengusir kantuk/kelelahan semata.

Wallahu A`alam.

Comments

Popular posts from this blog

Jodoh dan Kedewasaan Kita

Update from empowr

Jadilah Seperti Ikan Di Air Bening Yang Tenang