bersyukurlah Anda yang menyusui buah hati secara penuh

Tetap Langsing dengan Menyusui


SAN FRANSISCO - Ini dia satu lagi keuntungan memberikan air susu ibu (ASI) bagi buah hati tersayang. Sebuah riset membuktikan, aktivitas menyusui tak hanya menyehatkan ibu secara fisik tetapi juga mampu "melarutkan" lemak di perut meskipun berpuluh tahun setelahnya.

Riset yang dipresentasikan dalam konferensi American Heart Association di San Fransisco kemarin itu menunjukkan, perempuan tengah baya yang ketika muda menyusi anaknya mempunyai lingkat pinggang 2,6 inci lebih rendah dari perempuan usia sama yang tak pernah menyusui. "Perut merupakan tempat yang empuk bagi penimbunan lemak dan menyusui mengurangi kapasitan penyimpanan lemak itu," ujar Candace McClure, doktor pada University of Pittsburgh yang memimpin penelitian itu.

Dalam risetnya, McClure dan timnya meneliti data sampel 351 perempuan dengan dua anak di seantero Amerika Serikat sepanjang 2001-2003. Mereka terdiri dari 43 persen kulit hitam dan 57 persen kulit putih, berusia 51 tahun, dan sama-sama melahirkan anak pertamanya di usia 20-an tahun.

Responden kemudian dipilah menjadi dua, 29 persen tak pernah menyusui, 29 persen menyusui kurang dari tiga bulan, dan 42 persen menyusui penuh hingga satu tahun lebih.

Hasilnya membuktikan, 28 persen mereka yang tak menyusui lebih cepat mendapatkan menopouse dari perempuan yang menyusui. Para wanita yang tidak menyusui juga memiliki lingkar pinggang rata-rata lebih dari 2,6 inci dibanding mereka yang menyusui secara konsisten. Sedang rasio pinggang-panggul perempuan tak menyusui lebih tinggi 4,7 persen. Rasio pinggang-pinggul kerap digunakan untuk menilai risiko kardiovaskular: Semakin tinggi hasil, semakin besar risiko penyakit jantung.

Tentang aktivitas menyusui, banyak penelitian sebelumnya yang menyebut segudang manfaatnya baik bagi ibu dan bayi. Bayi yang mendapatkan ASI dan bukan susu formula, akan terhindar dari infeksi telinga, asma, problem pencernaan, problem pernafasan, alergi, diabetes, dan kematian mendadak. Bagi ibu, menyusui mampu menjauhkannya dari diabetes tipe 2, kanker payudara dan kanker rahim, serta depresi pascapersalinan. Riset juga membuktikan, wanita yang menyusui anaknya mempunyai risiko terkena serangan jantung lebih rendah ketimbang ibu yang tak menyusui.

Jadi, bersyukurlah Anda yang menyusui buah hati secara penuh.


__________________________________________________
Do You Yahoo!?
Sie sind Spam leid? Yahoo! Mail verfügt über einen herausragenden Schutz gegen Massenmails.
http://mail.yahoo.com

Comments

Popular posts from this blog

Jodoh dan Kedewasaan Kita

Hak Warisan Pria dan Wanita Dua Banding Satu, Adilkah?

Update from empowr