Hitung-hitungan Kalori

Makan Biasa Aja, Tapi kok Tetep Gembrot??!!
Sumber : www.info-sehat.com

Hayooo... para eksekutif muda, hati-hati lingkar pinggangnya melar! Seringkali kita tidak sadar bahwa lifestyle kita telah terpengaruh dengan kesibukan di kantor. Tiba-tiba meeting dengan cemilan yang tidak sehat. Makan siang di mall atau pilihan makanan di food court banyak yang menggoda hati, dan akhirnya menu harian kita membuat ukuran lingkar pinggang menjadi heboh. Ayo mulai hitung kalori yang kita asup setiap hari!

Begini... Anggap saja pagi-pagi karena tidak sempat makan nasi, kita hanya makan Mie Instant Rasa Ayam Bawang pakai telur (330 Kal + 70 Kal). Kemudian makan siang dengan melahap Nasi (242 Kal) dan Kari Ayam (460 Kal), minumnya Teh Manis (70 Kal). Sore-sore dan mendung dengan kerjaan menumpuk yang bikin ngantuk, kita minum kopi hangat (75 Kal).

Saat meeting kadang disertai berbagai snack yang susah untuk ditolak, seperti kroket (68 Kal) dan lemper (95 Kal). Pulang kantor, mampir ke supermarket untuk belanja, sekalian jajan satu porsi siomay (85 Kal) dan sekaleng soda (145 Kal).

Setelah selesai macetnya, kemudian pulang ke rumah. Menu untuk makan malam hari adalah sepiring Nasi Putih (242 Kal), 3 tusuk Satai Kambing (353 Kal) dan Tenggiri Bakar plus Sambal Terasi (129 Kal) hasil masakan ibu. Sehabis itu, pastinya tidak langsung tidur, tapi nonton TV dulu sambil makan es krim cokelat (270 Kal).

Nah, dihitung-hitung kalau setiap hari rata-rata menu kita adalah seperti itu, maka kalori yang masuk ke tubuh kita bisa sampai....

Mie Instant Rasa Awam Bawang (1 bungkus)        330 Kalori

Telur (1 buah)                                                               70 Kalori

Nasi Putih (1 piring)                                                     242 Kalori

Kari Ayam (1 porsi)                                                     460 Kalori

Teh Manis (1 gelas)                                                     70 Kalori

Kopi Instan (1 cangkir)                                               75 Kalori

Kroket (1 buah)                                                            68 Kalori

Lemper (1 buah)                                                          95 Kalori

Siomay Ayam (3 buah)                                               85 Kalori

Soda (1 kaleng)                                                           145 Kalori

Nasi Putih (1 piring)                                                    242 Kalori

Satai Kambing (3 tusuk)                                            353 Kalori

Tenggiri Bakar + Terasi                                             129 Kalori

Es Krim Cokelat                                                           270 Kalori

Total = 2.634 Kalori

Padahal untuk seorang perempuan yanga tinggi badannya 160-an cm, berat badan 55 kg, dan umur sekitar 28-29 tahun, seharusnya kalori yang masuk hanya 1.742 kalori. Nah... kalau setiap hari begini, maka lingkar pinggang bisa melar dan badan gampang sakit.

Ayo mulai kita perhatikan asupan makanan kita. Semoga artikel ini bisa menjadi wake-up call. Kasih tahu juga teman-teman kita yang belum sadar dengan lifestyle-nya yang kurang sehat seperti diatas! Ayo selamatkan lingkar pinggangmu!!!

Perkasa = Apa Yang Anda Makan
Ditulis pada  oleh magusni
Sumber : magusni.wordpress.com

Dalam banyak penelitian, sel lemak diketahui menghasilkan sekitar 55 bahan. Beberapa bersifat merugikan fungsi tubuh. Hasilnya, pada orang yang mengalami obesitas, hormon seks cenderung rendah.
Salah satu cara mengatasi kondisi ini adalah mengurangi asupan kalori. Diet bisa dilakukan dengan mengurangi sekitar 10 persen jumlah kalori dari total kebutuhan. Secara umum dibutuhkan sekitar 40 kilokalori per kilogram berat badan.

Contoh : Untuk berat badan 85 kg, dibutuhkan 3400 kilokalori, Jika sehari makan 3000 kilokalori, berat badan tak akan naik. Jika dikurangi 500 - 1000 kilokalori per-hari, berat badan akan turun 1-2 kg per-minggu. Untuk itu perlu belajar menghitung tiap satuan makanan.

Berikut ini adalah daftar kalori yang terkandung dalam setiap 100 gram buah-buahan:

Pisang ½ buah 109 kalori
Tomat 1 buah 80 kalori
Longan 12 butir 75 kalori
Leci 5 ½ butir 67 kalori
Anggur 12 butir 60 kalori
Apel 2/3 butir 55 kalori
Buah Kiwi 1 buah 54 kalori
Semangka 1 potong 33 kalori
Pepaya 1/6 buah 30 kalori
Melon 3/10 buah 18 kalori
Plum 2/3 buah 44 kalori .

Beberapa jenis makanan sehari-hari kalorinya sebagai berikut:

Pempek Kapal Selam 100 gr 190 kalori
Siomay 170 gr 162 kalori
Soto Kudus 100 gr 38 kalori
Rujak Cingur 100 gr 153 kalori
Ketoprak 1 porsi 153 kalori
Juice Tomat tanpa gula 1 gelas 67 kalori
Juice Belimbing 1 gelas 51 kalori
Ayam Goreng Texas 100 gr 338 kalori
Bihun Goreng 200 gr 308 kalori
Soto Betawi 100 gr 135 kalori
Cheese Burger 1 buah 300 kalori
Ketupat Tahu 1 porsi 250 kalori
Es Cendol 1 gelas 275 kalori
Milk Shake 1 gelas 350 kalori

Nasi uduk+Empal goreng+Emping+Tempe goreng+1 gelas jeruk panas = 1.475 kalori
Makanan Padang+Ayam gulai+Rendang = 1.000 kalori

Demikian semoga bermanfaat, diunduh dari segala sumber.

Comments

Popular posts from this blog

Kesempatan kuliah online di Al Madinah International University

Alternatif Membuka Website Yang Diblokir