Tips Ngeblog Praktis: Mengapa Menulis Review?

Topik: Content, Tips & Trick, Writing

Menulis review merupakan salah satu kiat yang efektif dalam merancang posting-posting baru di blog. Ya, semacam jurus jitu mengatasi kekeringan ide atau inspirasi yang sering muncul.

Menurut Raj Dash, menulis review akan membantu Anda belajar menulis kritik yang membangun. “Menulis review pendek, akan membantu Anda menulis sesuatu yang lebih jelas dan padat. Dan itu bukanlah hal yang sulit jika anda mempraktekkan,” ujarnya.

Ia menawarkan kiat-kiat seperti berikut:

  1. Tulis sebuah review kritis tentang sesuatu yang Anda tidak terlalu suka. Mungkin mengenai sebuah buku, film bioskop, pertunjukan TV, perangkat lunak dan lain sebagainya. Bidiklah sesuatu yang kurang tepat menurut pendapat Anda. Fokus kepada kekurangan itu, dan jelaskan: mengapa suatu kekurangan muncul, bagaimana caranya menjadi lebih baik.
  2. Olah kembali review tersebut menjadi tulisan yang lebih pendek. Dapatkah Anda meramu semua itu dalam 150-200 kata-kata tanpa kehilangan intisarinya?
  3. Tulis lebih banyak review. Lalu terapkan langkah-langkah 1-2 kembali. Begitulah seterusnya. Semakin produktif, semakin bagus.

Sekarang, ketika Anda menulis hal lain selain dari review, terapkan proses yang sama.

Dijamin Anda akan terbiasa melihat sesuatu yang unik dan khas dari suatu fenomena dan kemudian mencoba menawarkan jalan keluarnya. Mau coba?

Comments

Popular posts from this blog

Jodoh dan Kedewasaan Kita

Update from empowr

Jadilah Seperti Ikan Di Air Bening Yang Tenang